Anda Dinyatakan LULUS…!

19 11 2008
img_04073Tanggal 17 nop tepatnya jam 13.00 WIB merupakan hari yang paling menegangkan. Kenapa?
Saat itulah penentuan sidangku lulus atau tidak. Setelah bimbang, dredeg, dan rasa cemas serta grogi memenuhi detak jantungku. Akhirnya tepat jam 13.30 datanglah satu persatu dosen penguji dan dosen pembimbing yaitu Wawan Aries W, ST, MT(meh doktor), Dr. Ing. Herman Sasongko(Ketua Jurusan Teknik Mesin ITS), Prof. Ir. Sutardi, M.EngSc, Phd dan Prof. Dr. Ir. Triyogi Yuwono, DEA(dosen pembimbing TA-ku).
Kemudian mereka masuk ruangan dan duduk di tempat yang telah disediakan. Rasa dredeg-pun semakin memuncak. Nggak tau kenep[a terasa beban sekali. Kebetulan aku jg mantan koordinator lab. yang sudah sering berkomikasi ndengan mereka. Sehingga aku merasa sungkan dan malu jika nantinya ditanya pertanyaan mendasar tidak bisa menjawab. Apalagi disaksikan oleh temen-temen dan adik-adik mantan praktikan-ku.
Presentasipun berjalan…penjelasan yang aku sampaikan terpatah-patah karena perasaan grogi yang memuncak…setelah selesai presentasi kemudian sesi tanya jawab….di awal pertanyaan aja aku udah salah menjawab…ternyata pertnanyaannya g ada yang bab2 dasar tapi semuanya  bab 4 tentang analisa. Semuanya diluar dugaan. Mungkin mereka udah tau bahwa aku seorang asisten dan apalagi mantan koordinator lab. Makanya pertanyaan g mungkin dasar tapi lebi advance.
Perasaan takut dan grogi menutup semua ilmu yang telah saya pelajari. Seakan-akan hilang semua. Apa yang udah ada di otak sulit untuk di jelaskan dengan kata2…malahan g sesuai apa yang sudah terpikir dan yang tersampaikan dari mulut…inilah performa terburuk…didepan sempat terlintas dalam benak saya...”Ya…ALLAH kenapa seperti ini…”aku terdiam didepan papan tulis…lalu ada suara muncul,” Ayo dijawab…digambar…jangan grogi…santai aja…”,kata dosen pembimbingku. Aku jawab pertanyaan dengan gambar. ternyata benar gambarku namun saat disuruh menjelaskan. Seakan-akan sulit dikeluarkan pemikiran yang ada dalam benakku.
Pertanyaan-pertanyaan silih berganti dari dosen penguji. Ada yang kejawab dan banyak pula yang tak tersampaikan dengan baik karena rasa grogi yang terlalu besar. Waktupun terus berjalan. Akhirnya tepat jam 15.00 sidangku selesai. Kemudian diganti berikutnya temenku yang yang maju. Kebetulan 2 orang yang saat itu maju sidang TA. Setelah selesai akupun keluar untuk sholat ashar dulu. Selesai sholat aku-pun berdo’a dan termenung. “Ya…ALLAH kenapa seperti ini…berikanlah hamba yang terbaik….jika emang nggak lulus berarti itulah mungkina yang terbaik….kupasrahkan semaunya pada-Mu”. Kemudian aku kembali lagi keruangan.
Akhirnya temanku selesai juga tepat jam 16.10 WIB. Semua peserta sidang diperkenankan keluar ruangan tak terkecuali aku. Para dosen berkoordinasi dulu untuk menentukan kelulusan kami. Selang beberapa menit kami dipanggil oleh dosen penguji untuk masuk ruangan.Ku ambil kursi dan berusaha duduk dengan tenang. Aku udah pasrah apapun hasilnya itulah yang terbaik. Sebelum diumumkan para dosen memberi petuah2  dan kritik serta saran pada kami. Akhirnya saat yang menegangkan tiba. Dosen pembimbingku mengatakan,” Kalau masih didunia pendidikan salah itu sebuah kewajaran, namun jika dunia kerja anda melakukan kesalahan maka berakibat fatal. Kami berempat sepakat bahwa Anda berdua dinyatakan LULUS. “…..ALAHAMDULILLAH…BAROKALLAAHU….ALLAAHU AKBAR….AMANAH BESAR TELAH MENANTI….

 

menemani malam yang sunyi
Lab.Mekanika dan mesin-mesin Fluida
Iklan

Aksi

Information

One response

6 03 2009
ikwanti

barakallah akhi atas kelulusannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: